Sponsors Link

8 Makanan Penghilang Rematik yang Mudah Didapat dan Murah

Sponsors Link

Apakah di rumah anda ada seseorang yang terserang rematik? Anda mungkin bisa menolongnya dengan mengkonsumsi makanan penghilang rematik. Ada beberapa makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita rematik dan mudah didapat juga di sekitar anda. Berikut merupakan makanan penghilang rematik yang dimaksudkan:

ads
  1. Yoghurt

Yoghurt bisa menjadi makanan penghilang rematik karena merupakan susu yang sudah  melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari jenis susu apa saja termasuk susu dari sari kedelai. Yoghurt kaya akan protein, vitamin B dan mineral yang penting untuk tubuh.

Yoghurt memiliki lemak setara dengan susu yang menjadi bahan pembuatannya. Yoghurt bisa dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi terhadap protein susu sapi karena struktur laktosa susu pada yoghurt telah diurai oleh bakteri. Yogurt juga bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat gejala rematik muncul kembali.

  1. Keju

Keju merupakan sebuah produk olahan susu yang dihasilkan dari pemisahan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan tersebut dibantu oleh bakteri atau enzim yang disebut rennet.

Keju memiliki banyak sekali kandungan nutrisi, seperti protein, mineral, fosfor, vitamin, kalsium dan juga lemak. kandungan-kandungan tersebut bermanfaat untuk memperbaiki tulang, namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Satu pon keju memiliki protein dan lemak yang sama jumlahnya dengan satu galon susu yang baik sebagai makanan penghilang rematik.

Asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan dan cukup memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya, kandungan yang terdapat dalam keju dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tapi jika berlebihan, kandungan kejunya justru akan berbalik menjadi penyebab rematik semakin parah.

  1. Makanan sumber karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang terdiri atas molekul gula yang panjang dan kompleks. Karbohidrat jenis ini banyak ditemukan didalam kentang, roti, gandum, nasi dan kacang polong.

Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat memberikan asupan serat, mineral dan vitamin lebih banyak yang penting bagi kebutuhan tubuh. Karbohidrat juga dapat memberikan energi dan membuat Anda memiliki rasa kenyang lebih rama, sebab pencernaan memerlukan waktu yang lebih lama untuk mncerna karbohidrat.

Menjaga asupan karbohidrat kompleks bisa membantu mengendalikan berat badan, dan menormalkan tanda hormon tidak stabil, sehingga resiko terkena penyakit persendian, diabetes-2 dan gangguan pada jantung menjadi lebih rendah.


  1. Buah buahan

Buah-buahan disarankan dalam proses pengobatan rematik. Pasien dianjurkan untuk mengonsumsi buah yang bukan pantangannya seperti manggis yang mengandung banyak antioksidan. Sebab buah dapat membantu membentuk dan menjaga fungsi kekebalan tubuh seseorang. Namun tidak semua buah memiliki efek yang baik bagi penderita rematik.

Beberapa buah ada  yang dapat menyembuhkan sakit nyeri sendi akibat rematik. Sebagai contoh adalah Sirsak  yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain sirsak, ada buah pisang yang kami rekomendasikan juga sebagai buah yang baik  untuk mengurangi rasa sakit akibat nyeri otot dan nyeri sendi. Buah pisang memiliki kandungan potasium dan B6 yang membantu menjaga fungsi otot dan sendi dalam tubuh.

  1. Wortel

Kandungan karotenoid yang ada didalam wortel menjadi makanan penghilang rematik yang mampu mengatasi adanya radikal bebas didalam tubuh. wortel juga baik untuk melindungi sel mata dan mengatasi gejala rematik yang bahkan kadang tak disadari oleh orang.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat wortel tersebut adalah dengan direbus. Konsumsi wortel dengan cara direbus mempunyai kandungan antioksidan lebih tinggi daripada saat dikonsumsi secara mentah-mentah. Konsumsi wortel secara teratur juga dapat meningkatkan antioksidan dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas yang bisa meningkatkan resiko penyakit.

  1. Sawi putih

Makanan penghilang rematik dan mencegah bahaya rematik yang cukup baik ialah Sawi putih. Sayuran ini mengandung senyawa fitonutrient yang bermanfaat untuk mengurangi gejala rematik dan mencegah radikal bebas dalam tubuh. Kandungan fitonutient yang ada didalam sawi putih juga bermanfaat untuk menutunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain asam urat dan rematik, sawi putih dapat mengatasi berbagai masalah persendian lainya.


  1. Bayam

Kandungan vitamin E yang terdapat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari inflamasi (peradangan). Daun bayam yang berwarna hijau gelap memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi yang mampu mengatasi peradangan pada penderita rematik.

Oleh karena itu, bayam sangat baik dikonsumsi oleh penderita rematik. Bahkan mengkonsumsi bayam dalam jumlah tertentu bisa menjadi cara pencegahan rematik bagi orang yang belum pernah mengalaminya.

  1. Kacang, gandum, biji-bijian

Kacang dan biji-bijian baik untuk penderita rematik karena mengandung kadar protein C reaktif yang mampu meredakan gejala peradangan. Contoh kacang dan biji-bijian yang baik antara lain beras merah, gandum, kacang merah, dan kacang almond yang masing-masing mudah dibeli di pasar.

Selain itu, kacang dan biji-bijian utuh juga memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, protein, asam folat, magnesium, zat besi, zinc, dan kalium yang bemanfaat bagi kesehatan jantung, otot, dan sistem kekebalan tubuh. Gandum mengandung senyawa selenium, yaitu senyawa antioksidan peradangan dapat menjadi langkah yang tepat dalam perawatan rematik sebagai penolong dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Demikian pemaparan tentang makanan penghilang rematik yang perlu anda ketahui dan konsumsi dengan teratur dan tidak berlebihan. Tujuannya untuk menghilangkan rematik secara alami dan anda tetap sehat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 29th, January 2019 / 08:53 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman