Sponsors Link

8 Buah Pantangan Rematik yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Ada beragam makanan di dunia ini yang dapat dikonsumsi kapan saja. akan tetapi, hal itu berbeda dengan para penderita rematik. Ada buah-buahan tertentu yang dianjurkan untuk tidak dikonsumsi oleh penderita Rematik.

ads

Berikut merupakan buah pantangan rematik yang harus anda ketahui. Jangan sekali-kali diabaikan karena bisa memperparah kondisi.

  1. Nanas

Buah pantangan rematik pertama ialah nanas karena buah ini akan mengalami fermentasi sehingga mengeluarkan alkohol yang dapat memicu bahaya rematik. Fungsi ginjal menjadi terganggu hingga menyebabkan ginjal tidak bisa membuang kandungan asam dalam tubuh secara maksimal. Asam urat merupakan salah satu penyakit persendian yang menyebabkan seseorang terkena rematik.

Persendian, terutama pada persendian kaki akan terasa sakit dan pegal saat berjalan atau beraktifitas. Oleh karena itu penderita rematik tidak dianjurkan mengonsumsi buah nanas dalam jumlah banyak agar tidak menimbulkan efek buruk pada tubuh.

  1. Durian

Durian adalah buah pantangan rematik karena memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang dapat menaikan berat badan seseorang. Asupan kalori berlebih dalam jangka panjang dapat meningkatkan resiko seseorang untuk memiliki berat badan berlebih bahkan obesitas.

Selain kalori dan karbohidrat dalam durian juga terkandung alkohol yang akan membuat ginjal dan hati kesulitan untuk mencerna makanan. Kadar akohol dalam darah yang tidak dapat diurai oleh tubuh akan menjadi racun bagi tubuh.

Cara pencegahan rematik menjadi semakin parah ialah dengan menghindari alkohol. Sehingga buah durian juga harus dihindari karena kandungan alkoholnya.

  1. Tomat

Tomat termasuk dalam jenis sayuran namun sebagian orang menganggap tomat sebagai buah karena memiliki biji dan bisa dikonsumsi secara langsung. Biji tomat mengandung asam urat tinggi, akumulasi asam urat dalam sendi yang jadi penyebab rematik.

Tomat juga memiliki kandungan glutamat yang memicu sintesis asam urat ditubuh sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan kadar asam urat dan menimbulkan gejala nyeri sendi seperti rematik. Bagi penderita sakit persendian dainjurkan untuk tidak mengonsumsi tomat secara berlebihan.

  1. Alpukat

Buah alpukat juga buah pantangan rematik karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang memicu obesitas. Buah alpukat minim kandungan protein dan kalsium. Kekurangan protein dapat melemahkan jaringan dan massa otot.

Asupan kalsium yang tidak cukup dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami penyakit tulang seperti osteorporosis dan peradangan pada tulang rawan dan sendi. Peningkatan yang berlebihan juga bisa menyebabkan asam urat yang berujung pada kemunculan gejala rematik. 


  1. Kopi

Perawatan rematik sebagai penolong dalam jangka pendek dan jangka panjang ialah menghindarkan pasien dari kopi. Sebab buah kopi merupakan buah pantangan rematik, itu berarti seduhan kopi juga termasuk dalma pantangan itu.

Hal ini dikarenakan kopi merupakan sumber kafein paling banyak. Biji kopi diolah menjadi sebuah minuman yang banyak diminati oleh banyak orang. Konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh dalam jumlah banyak dapat memperburuk nyeri sendi serta memicu kambuhnya rematik.

Kafein juga dapat menguras nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh sehingga tubuh akan lebih rentan terhadap rasa sakit. Selain itu kopi dapat menghilangkan kinerja obat rematik mengatasi peradangan pada sendi. Kopi juga bisa menghilangkan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan kekurangan nutrisi penting, gejala rematik bisa terus kambuh.

  1. Jagung

Jagung juga menjadi buah pantangan rematik. Jagung memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang merupakan asam lemak tak jenuh jamak dan juga merupakan asam lemak esensial. Omega-6 digunakan tubuh sebagai penghasil energi namun juga dapat dibentuk kembali menjadai arcachidonic acid (ARA) untuk menghasilkan bahan kimi eiscosadoin.

Namun jika kandungan omega-6 dalam tubuh berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pengaturan peradangan pada tubuh. Mengonsumsi jagung berlebih dapat meningkatkan kadar omega-6 dalam tubuh dan memicu meningkatkan peradangan dalam tubuh dan rematik, sehingga disarankan dalam proses pengobatan rematik untuk sementara waktu pasien dijauhkan dari omega 6.


  1. Buah kelapa

Buah kelapa sering dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan dengan memanfaatkan santan yang dihasilkan dari perahan buah kelapa. Santan sering digunakan sebagai bahan tambahan olahan makanan selain untuk menambah rasa makanan menjadi lezat namun juga santan memiliki rasa yang gurih.

Akan tetapi santan mengandung banyal zat rin tinggi dan juga kolesterol. Sehingga santan dan berbagai macam olahanya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita rematik, asam urat dan kolesterol.

Kandungan zat purin pada santan menjadi pemicu rasa sakit pada persendian pada penderita rematik dan asam urat. Begitu pula dengan air kelapa muda yang sering dikonsumsi orang sebagai minuman yang menyegarkan. Kendungan lemak dalam air kelapa sangat tidak cocok untuk penderita rematik. Kondisi tubuh yang tidak seimbang bisa memicu sarkoidosis.

  1. Pisang

Pisang pun menjadi buah pantangan rematik meski seringkali dikonsumsi oleh seseroang yang sedang mejalankan program diet. Sayangnya jika mengonsumsi pisang secara berlebihan bisa membuat berat badan seseroang semakin meningkat.

Hal ini jelas beresiko terhadap seorang penderita rematik, karena semakin bertambahnya berat badan maka akan semakin berat beban persendian yang akan diterima saat menjalankan aktifitas terutama sendi lutut saat berjalan.

Demikian pemaparan tentang buah pantangan rematik yang harus anda pahami dan tidak dibaikan sejak dini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 29th, January 2019 / 07:27 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman